expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Jumat, 28 November 2014

Ayo Lakukan GO GREEN ^^

Arti go green adalah: ke hijau.
Dalam artian luas lingkungan go green berarti ajakan "mari hidup hijau", dengan arti mari kita hidup lebih ramah lingkungan & berbuat sesuatu yg baik-baik untuk bumi.
Berarti wacana go green ini bertujuan agar manusia lebih mengurangi perilaku yg mencemarkan/merusak alam, & menghimbau manusia untuk berbuat kebaikan bagi alam.
Go green juga merupakan suatu ajakan atau upaya yg dilakukan untuk menyelamatkan dan melindungi bumi dari bahaya global warming atau maalah lingkungan lain. Polusi ataupun global warming misalnya disebabkan karena kurangnya pohon-pohon yang sebenarnya mempunyai peran besar untuk menyerap c02 di udara. Oleh karena itu diperlukan kembali penghijauan selain itu juga gaya hidup yang ramah lingkungan misalnya hemat listrik, hemat bahan bakar dan lain sebagainya.



So, gak salah jika Go Green merupakan hadiah termahal yang dapat kita berikan pada anak cucu kita. Konsep Go Green atau kembali ke alam dengan memperhatikan kondisi lingkungan, sangat besar pengaruhnya terhadap keberhasilan mengurangi ancaman pemanasan global.
Karena itu, secara sistematis ada beberapa prinsip baku yang sudah menjadi semacam acuan dalam gerakan Go Green di seluruh dunia. Prinsip ini dirangkum dalam symbol yang gampang diingat, yakni 4R. 4R adalah Reduce, Reuse, Recyle, Replace. 
Adapun 4R yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari guna meminimalisir residu atau hasil akhir adalah:
o   Reduce atau mengurangi
Adalah upaya kita dalam kehidupan dalam mengurangi barang-barang ataupun material yang biasa kita gunakan. Karena dengan meminimalisir hal tersebut akan dapat mengurangi sampah yang dihasilkannya.
o   Reuse atau memakai kembali
Dengan cara membeli barang-barang yang bisa dipakai kembali atau barang yang bukan sekali pakai. Perkembangan zaman yang semakin maju menciptakan barang-barang sekali pakai untuk meringankan pekerjaan kita, namun dampak yang dihasilkannya sangat berbahaya, karena akan menyebabkan menumpuknya sampah dari barang tersebut.
o   Recycle
Recycle yaitu mendaur ulang. kini sudah banyak cara untuk dapat memanfaatkan sampah menjadi barang daur ulang yang bernilai, dengan cara seperti ini kita dapat mengurangi sampah dan menjadikannya barang yang berharga
o   Replace
Replace yang bisa kita artikan dengan mengganti yaitu berusaha mengganti barang-barang yang merusak lingkungan dengan barang-barang yang ramah lingkungan, sehingga barang-barang tersebu jika menjadi sampah dapat di degradasi secara alami. Misalnya pemakaian tissue. Gunakanlah sapu tangan untuk mengurangi pemakaian tissue

Langkah-langkah untuk melaksanakan GO GREEN sebagai berikut :
1.    Tidak membuang sampah sembarangan.
2.    Sebaiknya yang memiliki rumah atau tempat tinggal sebaiknya menanam pohon minimal 1.
3.    Menggunakan kendaraan pribadi secukupnya untuk mengurangi polusi udara.
4.    Setiap kota harus mempunyai taman kota minimal ditanami tumbuhan hijau.
5.    Tidak menebang pohon yang berlebihan  di hutan.
6.    Menggunakan kertas atau tisu secukupnya karena kertas dan tisu terbuat dari kayu pohon.

Pada hari rabu tanggal 26 November 2014 yang lalu, saya melakukan Go greean di luar rumah. Saya mengambili sampah yang berserekan di taman Wero dekat rumah teman saya Dewi. 


Lalu sampah-sampah itu saya buang di tempat sampah yang berada di Taman Wero tersebut. Tindakan ini memberi ajakan kepada warga sekitar agar tidak membuang sampah sembarangan dan melaksanakan Go Green karena penduduk bumi semakin banyak maka bisa diartikan sampah yang berada di bumi semakin banyak.

Setelah melakukan Go Green dengan mengambili sampah di Taman Wero. Saya bersama eXpired melakukan Go Green lagi dengan cara yang berbeda. Yaitu menggunakan sepeda untuk jalan-jalan. Dengan cara ini kita dapat mengurangi polusi udara di sekitar kita. Karena polusi udara semakin meningkat akibat warga sekitar beralih menggunakan alat transportasi yang menggunakan bahan bakar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar